Fasilitator Forum Belajar

Fasilitator Forum Belajar [1]

Posisi dan Peran Fasilitator dalam Forum Belajar

 

Jika kita melihat tujuan Forum Belajar -sebagai salah satu sarana belajar untuk membantu peserta dalam rangka melakukan sesuatu/perubahan- maka posisi fasilitator haruslah, memberikan pemahaman yang melengkapi peserta Forum Belajar untuk melakukan sesuatu/perubahan. Misalnya, pada salah satu sesi forum belajar tujuannya adalah ‘membantu peserta agar memiliki cara pandang yang lebih luas mengenai Gerakan Buruh’. Maka posisi fasilitator pada sesi tersebut adalah “untuk membantu, melalui pengaturan arus diskusi dan tukar pengalaman, sehingga peserta dapat memahami dan memandang gerakan buruh secara lebih luas”. Dan apa yang dianggap sebagai ‘melakukan sesuatu’ tidak hanya melulu merupakan kerja-kerja konkret, tapi juga proses pembentukkan cara pandang yang lebih baik.

Fasilitator harus menghubungkan antara tujuan dari Forum Belajar dengan kebutuhan organisasional dari peserta Forum Belajar agar apa yang dipelajari bisa diimplemetasikan. Jika kita adalah fasilitator keterampilan manajemen, tugas kita ada dalam rangka memberi pemahaman yang melengkapi peserta agar berhasil mengelola anggotanya dalam rangka memenuhi tujuan-tujuan manajemen organisasional. Jika kita adalah fasilitator keterampilan teknikal, pekerjaan kita ada dalam rangka melengkapi peserta untuk memahami pekerjaan sesuai dengan standar teknikal yang telah dikhususkan.

Fasilitator Forum Belajar adalah peserta dari Forum Belajar itu sendiri yang diharapkan mengembangkan Lingkar Belajar di PUKnya masing-masing dalam mewujudkan organisasi sebagai bentuk wahana belajar anggotanya, termasuk analisis kebutuhan, pengembangan kapasitas individu, pengembangan kapasitas organisasi dan pencarian bentuk-bentuk mekanisme organisasi yang sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Serikat Pekerja, dan evaluasi.

 

 
Pengertian tentang Forum Belajar menurut diskusi-diskusi sebelumnya:

 

Forum Belajar adalah salah satu sarana belajar untuk memahami secara benar, bagaimana menggali pengalaman berserikat untuk mewujudkan Serikat Pekerja yang demokratis. Serta kebijakan-kebijakan Serikat Pekerja bagaimana yang mampu membangun partisipasi anggotanya. Mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya organisasi untuk menghadapi perubahan-perubahan, terutama dalam menghadapi dampak dari Fleksible Labour Market.

Forum Belajar lebih menekankan pada bentuk-bentuk implementasi dari demokrasi. Forum Belajar juga berusaha untuk mempelajari langkah-langkah dalam mengembangkan Serikat Pekerja yang mampu membangun isu sosial bersama gerakan perubahan lainnya.

Peserta Forum Belajar diharapkan mampu mendeteksi praktek ketidaksesuaian dan melakukan tindakan perbaikan sebagai upaya dalam mengembangkan Serikat Pekerja. Memprakarsai demokratisasi dalam setiap upaya perubahan sistem dan mekanisme organisasi, dikarenakan perubahan dalam organisasi, peraturan dll.

Peserta Forum Belajar juga diharapkan mampu menentukan efektivitas dari sistem yang diidentifikasi dan diterapkan didalam mencapai cita-cita yang telah ditetapkan. Memastikan kesesuaian/ketidaksesuaian penerapan akan nilai-nilai Serikat Pekerja yang telah ditetapkan. Serta mengevaluasi proses dari sistem peningkatan kapasitas institusi (Serikat Pekerja) yang menghasilkan perubahan prilaku yang memberi kontribusi/sumbangan terhadap tercapainya cita-cita organisasi.”

 

Beberapa kunci dari pengertian di atas adalah:

 

         Sarana belajar bersama

         Suatu proses yang sistematis, disengaja dan direncanakan serta dikelola bersama

         Memperlancar proses demokratisasi

         Resultant Behavior (perubahan prilaku)

Melalui Forum Belajar diharapkan secara langsung atau tidak langsung dapat menghasilkan “perubahan perilaku”.

 

Dari kunci di atas, Forum Belajar akan berhasil jika memiliki tiga syarat yaitu ada mekanisme yang dibuat, ada proses pelaksanaan dan mempunyai tujuan untuk merubah. Perubahan ini bisa dimaknai sebagai peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan dan perubahan sikap yang menunjukan perbaikan dan kemajuan.

 

“Efektivitas Forum Belajar dan pemahaman dasar akan prinsip-prinsip belajar”, Hal ini merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dalam persiapan dan pelaksanaan Forum Belajar dan atau Lingkar Belajar di masing-masing PUK.

 

Kalau boleh saya simpulkan, forum belajar adalah:

 

““suatu upaya yang terencana dan sistematis untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta pengembangan dari penerapan prinsip dan nilai-nilai Serikat Pekerja menuju Serikat Pekerja yang lebih demokratis, dan mampu memliki cara pandang yang lebih baik mengenai gerakan buruh.

 

Untuk mencapai Forum Belajar yang sesuai harapan maka beberapa aspek pendukung harus ada, yaitu:                        

         Kebutuhan Individu dan Organisasi

Alasan penyelenggaraan suatu Forum Belajar adalah adanya kebutuhan organisasi untuk pencapaian cita-cita organisasi. Adanya kebutuhan individu untuk meningkatkan kapasitasnya.

         Metode

Pendekatan dan teknik yang dipergunakan dalam pelaksanaan pelatihan;

1.      Pendekatan experiential learning (belajar lewat pengalaman)

2.      Pendekatan referensial mengenai gerakan buruh dan isu-isu perburuhan yang sedang berkembang

         Peserta

Pengurus PUK yang memerlukan peningkatan kapasitas dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan gerakan buruh serta individu-individu yang memiliki kebutuhan belajar.

         Fasilitator

Adalah salah satu peserta forum belajar yang telah ditetapkan untuk menjadi pemandu proses belajar agar dapat mencapai sasaran setiap materinya secara efektif dan mendorong kemandirian serta merupakan salah satu bekal pengalaman ketika memfasilitasi Lingkar Belajar di PUKnya masing-masing.

         Penyelenggara

Pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan suatu program training secara menyeluruh, dalam hal ini adalah kita semua.

 

Peran Fasilitator dalam Forum Belajar

Fasilitator adalah orang yang bertindak sebagai pemandu dalam kelancaran suatu proses diskusi. Peran fasilitator dalam Forum Belajar dapat dilihat dari berbagai sudut, seperti di bawah ini:

 

Tujuan
         Memandu kelangsungan proses diskusi

         Membina proses belajar

         Membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengembangkan `sikap` peserta

         Mencapai sasaran disetiap sesinya

 

Peserta

         Memotivasi peserta

         Memperlancar dan mempermudah proses belajar

 

Materi

         Menguasai bahan ajaran (materi pelatihan)

         Menyampaikan materi pelatihan kepada para peserta secara sistematis

         Memperhatikan kondisi peserta saat diskusi

 

Pelaksanaan   

         Menyajikan materi sesuai dengan metode yang digunakan

         Menjaga kelancaran proses belajar

         Mengendalikan arus diskusi

         Menanggapi pertanyaan dan komentar

 




[1] Di adaptasi dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: